EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Menggunakan Model Flipped Classroom melalui Google Classroom pada Siswa Kelas XI

Fadilah, Nur (Unknown)
Akidah, Ihramsari (Unknown)
Rahmat, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam membaca teks berita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan model pebelajaran flipped classroom melalui media google classroom pada siswa kelas XI.4 SMAN 1 Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Analisis proses pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh nilai 41% dan siklus 1 pertemuan 2 dengan nilai 54%, pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh nilai 67% dan pada siklus 2 pertemuan 2 diperoleh nilai 82%. Analisis hasil belajar yang diperoleh pada pra siklus menunjukan nilai 63 dan berada pada kategori kurang, pada siklus 1 sebesar 76 berada pada kategori cukup dan siklus 2 sebesar 84 berada pada kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajarn flipped classroom melalui media google classroom dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada  keterampilan membaca teks berita pada siswa kelas XI.4 SMAN 1 Bulukumba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...