Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa kelas X Kuliner 1 dalam belajar teks deskripsi Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan karyawisata berbasis proyek dalam pembelajaran teks deskripsi Bahasa Inggris di kelas X Kuliner I SMK N 4 Bangli. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan melibatkan 34 siswa sebagai sampel yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes berbicara. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendekatan karyawisata berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dengan rata-rata nilai mencapai 82,9%. Siswa menunjukkan semangat belajar yang tinggi, rasa percaya diri dalam berbahasa Inggris meningkat, dan mereka mengembangkan keterampilan interpersonal serta kemampuan bekerja sama dalam tim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan karyawisata berbasis proyek memiliki potensi besar untuk menjadi model pembelajaran yang ideal untuk diterapkan di berbagai mata pelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, pendekatan ini juga membuat belajar lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Copyrights © 2024