EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Alternatif dalam Pembuatan Poster

Multazam, Ghaida Mursalatillah (Unknown)
Sulastianto, Harry (Unknown)
Suryadi, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran alternatif dalam pembuatan poster dan mengetahui perangkat yang kompatibel untuk mengaksesnya. Poster umumnya hanya terdiri dari teks dan gambar yang statis, sedangkan poster AR memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tambahan melalui perangkat seperti smartphone yang terhubung ke internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif etnografis untuk mengevaluasi efektivitas poster AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR dapat meningkatkan daya tarik dan relevansi media pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterlibatan serta pemahaman peserta didik. Proses kreatif melibatkan penggunaan program Assemblr Studio untuk menciptakan poster AR. Implementasi poster AR juga mengidentifikasi spesifikasi minimal perangkat yang diperlukan untuk mengakses poster AR dengan lancar, dengan berbagai smartphone diuji untuk kompatibilitas dan kinerja. Penggunaan AR dalam pembuatan poster pendidikan menawarkan alternatif inovatif yang efektif dalam metode pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...