EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Permasalahan Bahasa Lisan dan Tulis di Sekolah Dasar

Kinasih, Estining Titah (Unknown)
Rahmawati, Yulia (Unknown)
Pramudita, Andhini (Unknown)
Irvan, Mohamad Farizqo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang esensial dalam kehidupan manusia. Di sekolah dasar, pembelajaran bahasa lisan dan tulis perlu diterapkan secara seimbang. Namun, kenyataannya masih terdapat permasalahan bahasa lisan dan tulis pada siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa lisan dan tulis siswa kelas III sekolah dasar. Media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta memerlukan kreativitas guru agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Inisiatif khusus seperti kegiatan literasi, sudut baca kelas, dan metode drilling telah diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Meskipun demikian, kendala ketersediaan buku dan media pembelajaran masih menjadi hambatan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik, diperlukan dukungan berkelanjutan dari sekolah dan kerja sama untuk meningkatkan kemampuan bahasa di antara anak-anak, orang tua, dan guru. Diharapkan bahwa penelitian lebih lanjut akan meneliti kegunaan media pembelajaran tertentu dalam proses belajar bahasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...