EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Siswa SMK Menggunakan Anates

Ikawati, Dian Septy (Unknown)
Agustin, Eka Wahyu (Unknown)
Hakim, Luqman (Unknown)
Pratiwi, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas instrumen tes pilihan ganda dalam mengevaluasi kompetensi siswa di bidang akuntansi.  Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas instrumen tes pilihan ganda pada materi profil pekerjaan dan peluang usaha di bidang akuntansi. Studi dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan software ANATES untuk mengevaluasi karakteristik instrumen tes. Analisis komprehensif meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa program keahlian akuntansi SMK, dengan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan analisis menggunakan metode kuantitatif untuk menentukan kualitas butir soal. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas tes mencapai 0,76 yang tergolong kategori reliabilitas tinggi. Dari 15 butir soal yang dianalisis, 4 soal (26,67%) dinyatakan layak digunakan tanpa revisi, sedangkan 11 soal (73,33%) memerlukan perbaikan atau revisi untuk meningkatkan kualitas instrumen evaluasi. Temuan penelitian memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran akuntansi di tingkat SMK, dengan implikasi penting bagi perbaikan kualitas tes dan peningkatan proses penilaian hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...