Perbedaan latar belakang mahasiswa Pascasarjana menjadi salah satu faktor utama rendahnya kemandirian belajar mahasiswa. Beberapa di antaranya melaksanakan perkuliahan sambil bekerja yang menyebabkan mahasiswa kehilangan fokus untuk belajar serta memiliki pemikiran untuk sekedar lulus saja. Faktor-faktor tersebut menjadi salah-satu penyebab rendahnya efikasi diri dan motivasi berprestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar (self regulated learning) pada mahasiswa perguruan tinggi. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan Pascasarjana Untirta tahun akademik 2022 dan 2023. Metode penelitian yang digunakan ialah metode korelasional dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner. Adapun pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kemandirian belajar (self regulated learning), diperoleh nilai F= 62,762 dan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05) sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Secara keseluruhan efikasi diri, motivasi berprestasi, dan kemandirian belajar mahasiswa berada dalam kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024