Model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual merupakan proses pembelajaran dengan mencontohkan hasil karya yang diharapkan dapat mendorong siswa belajar, meningkatkan kemampuan mengorganisir kelompok serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan agar memperoleh analisis keefektifan model pembelajaran role playing melalui media audio visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMKN Mojoagung. Penelitian menggunakan eksperimen semu. Siswa kelas X Bisnis Digital SMKN Mojoagung merupakan populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji paired samples t test serta uji N-Gain score. Penelitian memperoleh hasil bahwa model pembelajaran role playing dengan bantuan media audio visual efekif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai sig. uji paired samples t test sebesar 0,000 > 0,05. Nilai N- Gain score kelas eksperimen sebesar 0,30 ≤ 0,37 < 0,70 dengan kategori sedang. Rata- rata hasil post- test sebesar 75,83 dengan ketuntasan pembelajaran 67%. Motivasi belajar pada kelas eksperimen mengalami kenaikan 85% dengan kriteria sangat tinggi didukung dengan aktivitas belajar yang baik sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Copyrights © 2024