Latar belakang penelitian ini digarisbawahi oleh pentingnya gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah Dayak Tunjung di SMA Kutai Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Surya Mandala Kutai Barat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Pemahaman kepala sekolah terhadap budaya suku dayak tunjung , (2) Integrasi budaya suku dayak tunjung dalam gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Kutai Barat, (3) Faktor pendukung dalam integrasi budaya suku dayak tunjung dalam gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Kutai Barat. Penelitian iniĀ menggunakan pendekatan kualitatif etnografi. Informan yang digunakan adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kepala Sekolah merupakan petinggi adat suku daya tunjung sehingga memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang budaya suku dayak tunjung (2) integrasi budaya suku dayak tunjung yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam kepemimpinan transformasional diantaranya adalah gotong royong, kebersamaan dan penghormatan terhadap alam dan leluhur (3) faktor pendukung dalam integrasi budaya suku dayak tunjung dalam gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah diantaranya adalah sikap terhormat dari kepala sekolah yang sangat disegani dan juga timbal balik dari warga sekolah dengan bekerja secara sungguh-sungguh. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemahaman mendalam tentang budaya lokal dan integrasi prinsip-prinsip budaya tersebut dalam gaya kepemimpinan dapat meningkatkan efektivitas kepemimpinan transformasional dan dukungan komunitas sekolah
Copyrights © 2024