EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Peran Guru PAI dalam Membangun Moderasi Beragama di Lingkungan Sekolah Provinsi Banten

Wasehudin, Wasehudin (Unknown)
Yudin, Fithri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Indonesia adalah bangsa yang memiliki masyarakat multicultural, masih terdapat permasalahan dalam keanekargaman di Indonesia, salah satunya adalah kekerasan dalam doktrin agama. tujuan penelitian ini adalah mengamalkan moderasi beragama di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah suasana beragama yang moderat di SMAN 1 Kota Serang, SMAN 1 Ciruas dan SMKN 3 Cilegon peran guru PAI sebagai guru mata pelajaran Agama Mayoritas yang dianut oleh siswa di sekolah tersebut, maka membentuk suatu budaya atau kebiasaan di sebuah lingkungan peran mayoritas sangatlah penting terutama dalam menciptakan suasana yang moderat dalam beragama sehingga tidak terjadi intimidasi terhadap pemeluk Agama minoritas. Dari hasil penelitian yang telah digambarkan diatas simpulan dalam penelitian ini adalah dalam membangun moderasi beragama pada lingkungan sekolah yaitu di SMAN 1 Kota Serang, SMAN 1 Ciruas, dan SMKN 3 Cilegon terlihat kesungguhan pihak sekolah dalam membangun moderasi beragama di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...