Journal of Innovation and Sustainable Empowerment
Vol. 3 No. 2 (2024)

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SD: Meningkatkan Kompetensi Menulis untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Arrofa Acesta (Unknown)
Ina Setiawati (Unknown)
Metti Triariani (Unknown)
Julianah (Unknown)
Farid Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penulisan karya ilmiah merupakan keterampilan esensial bagi guru untuk mendukung pengembangan pengetahuan profesional dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru Sekolah Dasar (SD), serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi menulis guru dalam konteks pendidikan dasar. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian pustaka dengan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan penulisan karya ilmiah tidak hanya meningkatkan keterampilan guru dalam menulis secara akademis, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan refleksi kritis terhadap praktik pembelajaran di kelas. Pelatihan yang terstruktur, didukung dengan bimbingan berkelanjutan, dapat menjadi kunci dalam menghasilkan guru yang mampu berkontribusi pada pengembangan ilmu pendidikan melalui karya tulis ilmiah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pub

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Innovation and Sustainable Empowerment (JISE), Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan. JISE terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. JISE ...