Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi
Vol 41 No 2 (2024): MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2024

PERAN MEDIASI TINGKAT KEPUASAN PADA PENGARUH MENU MAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Surya Ariefin, Mesra (Unknown)
Masram (Unknown)
Ageng Prianto , Dimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Keragaman Menu, Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening pada masyarakat kecamatan Lamongan yang pernah membeli di rumah makan Cafe Tombo Luwe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah 100 responden, dengan teknik purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui penilaian inner model dan outer model. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keragaman menu dan kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas konsumen, keragaman menu dan kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tidak menjadi perantara (mediator) yang menghubungkan antara keragaman menu dan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen. Artinya, meskipun konsumen merasa puas, faktor utama yang membuat mereka loyal adalah keragaman menu dan kualitas pelayanan itu sendiri, bukan karena kepuasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

melati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi dengan nomor registrasi ISSN 2808-8662 (Online) dan ISSN 1979-9101 (Cetak), merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut ...