Pembelajaran literasi numerasi menjadi salah satu bagian pokok dari kurikulum merdeka dan sebagai bekal keterampilan yang harus dimiliki siswa SD. Namun, dilapangan ditemukan data rendahnya literasi numerasi siswa berdasarkan AKM. Maka melalui pendekatan user requirement perlu dilaksanakan pelatihan dan pendampingan pengembangan kemampuan literasi numerasi kepada guru SD untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi numerasi guru yang dilaksanakan dengan berbasis digital. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru tentang literasi numerasi. Kegiatan ini dilaksanakan bagi seluruh guru SD Negeri di Kec. Lareh Sago Halaban, dengan jumlah peserta 35 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah. Kegiatan pengabdian ini terselenggara dengan baik. Peserta antusias dalam setiap aktivitas. Peserta pun menyatakan bahwa mereka mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan baru dengan adanya kegiatan pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat respon positif peserta terhadap pelatihan dimana persentase capaian tentang efektivitas pelaksanaan pelatihan adalah 90,63%. Dari aspek kemampuan peserta pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan peserta dari 80,58% menjadi 89.09%.
Copyrights © 2024