Peningkatan keterampilan teknis siswa SMK menjadi fokus utama dalam pendidikan vokasi untuk menjawab kebutuhan dunia industri. Salah satu upaya mencetak tenaga kerja yang kompeten di SMK dilakukan dengan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai PRAKERIN terhadap hasil UKK siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 3 Bungo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan uji T berpasangan. Populasi penelitian adalah 35 siswa kelas XII TSM. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, di mana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian karena jumlahnya yang kurang dari 100. Data diperoleh dari dokumentasi nilai PRAKERIN dan hasil UKK yang diuji oleh penguji eksternal. Hasil menunjukkan pengaruh signifikan antara nilai PRAKERIN dan UKK, dengan Thitung 2,759 lebih besar dari Ttabel 2,032 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya, pengalaman PRAKERIN berpengaruh positif terhadap UKK.
Copyrights © 2025