IPSSJ
Vol. 1 No. 02 November (2024): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MI ISLAMIYAH KIJANG KABUPATEN BINTAN KEPULAUAN RIAU

Norisya Sugiyanti, Ria Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MI Islamiyah Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sebagai pendekatan strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: otonomi dan kemitraan, transparansi dan akuntabilitas, serta partisipasi masyarakat dalam manajemen sekolah dan pengembangan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Islamiyah Kijang memanfaatkan otonomi secara efektif untuk menyesuaikan dan mengintegrasikan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka sesuai kebutuhan siswa. Transparansi dan akuntabilitas terlihat dari keterlibatan masyarakat, pelatihan profesional guru, dan evaluasi rutin. Selain itu, partisipasi aktif orang tua memperkuat kegiatan sosial dan pendidikan di sekolah. Studi ini menegaskan peran MBS dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kolaboratif, transparan, dan akuntabel untuk mendorong peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...