IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KASREMAN NGAWI

Joni Kurniawan, Sigit Dwi Laksana, Lilis Sumaryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Guru sering kali menggunakan berbagai metode pembelajaran, termasuk ceramah, diskusi, dan strategi lainnya. Namun, jika metode-metode ini digunakan secara terus-menerus, siswa bisa cepat merasa bosan, jenuh, atau bahkan malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif berbasis platform digital  Kahoot pada pembelajaran PAI kelas viii SMP N 2 Kasreman Ngawi. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah metode yang berdasarkan pada filsafat positivism, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data yang bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan uji t, diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 75,70, dengan nilai minimum 40 dan nilai maksimum 90, sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 85,10. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,60 dari pre-test ke post-test. Analisis akhir menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan r hitung sebesar 5,252, sedangkan r tabel = 1,686. Karena t hitung > t tabel, maka signifikansi dan hipotesis yang diajukan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan media kuis interaktif berbasis platform digital Kahoot dalam pembelajaran PAI di SMP N 2 Kasreman Ngawi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...