Guru sering kali menggunakan berbagai metode pembelajaran, termasuk ceramah, diskusi, dan strategi lainnya. Namun, jika metode-metode ini digunakan secara terus-menerus, siswa bisa cepat merasa bosan, jenuh, atau bahkan malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif berbasis platform digital  Kahoot pada pembelajaran PAI kelas viii SMP N 2 Kasreman Ngawi. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah metode yang berdasarkan pada filsafat positivism, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data yang bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan uji t, diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 75,70, dengan nilai minimum 40 dan nilai maksimum 90, sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 85,10. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,60 dari pre-test ke post-test. Analisis akhir menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan r hitung sebesar 5,252, sedangkan r tabel = 1,686. Karena t hitung > t tabel, maka signifikansi dan hipotesis yang diajukan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan media kuis interaktif berbasis platform digital Kahoot dalam pembelajaran PAI di SMP N 2 Kasreman Ngawi.
Copyrights © 2025