IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PERAN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENCEGAHAN STUNTING

Eviani Masruroh, Rachma Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Stunting merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang signifikan di Indonesia, dengan prevalensi sebesar 21,6% menurut Survei Status Gizi Nasional (SSGI) 2022. Upaya penanganan dan pencegahan stunting memerlukan pendekatan holistik yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) terhadap penurunan prevalensi stunting pada anak usia 24-59 bulan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan analisis deskriptif melalui peninjauan sistematis terhadap lima artikel relevan yang dipublikasikan pada periode 2021-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas implementasi PAUD HI, yang mencakup layanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan anak, berperan penting dalam mendukung kejar tumbuh anak. Faktor seperti edukasi gizi, peran pendidik, dan keterlibatan orang tua memiliki hubungan yang signifikan terhadap pertumbuhan fisik, kognitif, dan perilaku anak. Penelitian ini menegaskan bahwa implementasi PAUD HI yang berkualitas tidak hanya mendukung tumbuh kembang anak pada periode emas, tetapi juga berkontribusi dalam membentuk generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan satuan pendidikan perlu diperkuat guna mempercepat penurunan prevalensi stunting di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...