Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran RADEC dan hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru dengan sampel sebanyak 20 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Instrumen penelitian yang digunakan memiliki 20 soal yang tervalidasi dan reabilitas 0,981. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 41,25 dan rata-rata posttest 79,75. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan data pretest dan posttest homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPS siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone.
Copyrights © 2024