Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 10 siswa korban kekerasan seksual untuk kelompok eksperimen di SMA N 15 Padang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumen dan instrumen penelitian resiliensi diri. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan SPSS versi 21.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi berbasis user website dinilai layak digunakan oleh Guru BK/Konselor dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual, (2) tingkat keterpakaian model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dinilai sangat baik digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Maka dapat diketahui prototype model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor dalam meningkatkan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024