Journal Islamic Pedagogia
Vol. 4 No. 2 (2024): Journal Islamic Pedagogia

Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi dalam Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Korban Kekerasan Seksual

Asri, Robbi (Unknown)
Ifdil, Ifdil (Unknown)
Karneli, Yeni (Unknown)
Netrawati, Netrawati (Unknown)
Amora, Rendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 10 siswa korban kekerasan seksual untuk kelompok eksperimen di SMA N 15 Padang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumen dan instrumen penelitian resiliensi diri. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan SPSS versi 21.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi berbasis user website dinilai layak digunakan oleh Guru BK/Konselor dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual, (2) tingkat keterpakaian model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dinilai sangat baik digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Maka dapat diketahui prototype model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor dalam meningkatkan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal Islamic Pedagogia is published by the Faculty of Islamic Studies of Wiralodra University Indonesia Focus of Journal Islamic Pedagogia discusses on Islamic education, results of scientific studies for academics and practitioners in the field of lecture theory explanation and practice, ...