Jurnal ini membahas tentang implementasi model dick and carey dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Indramayu. Model Pembelajaran Dick and Carey merupakan model pembelajaran yang mengikuti pendekatan sistematis untuk mengembangkan program pembelajaran yang efektif dan efisien. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandasan pada pemikiran yang positif, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Lokasi pelaksanaan penelitian ini adalah di SMAN 2 Indramayu, Kecamatan Indramayu. Dasar pertimbangan penentuan lokasi karena masih banyak siswa yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa model ini terdiri dari 10 tahapan yang saling terkait dan bergantung satu sama lain. Model pembelajaran Dick and Carey memiliki beberapa komponen yaitu: pembelajaran, mengajar, pengajar, materi, dan lingkungan. Demikian halnya dengan pendidikan non formal memiliki komponen yang terdiri atas: pembelajar, pengajar, materi, dan lingkungan pembelajaran. Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditetapakan maka memerlukan interaksi antar komponen. Desain pembelajaran sebagai metode yang sistematis pada tahapan yang digunakan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun Implementasi model Dick and Carey dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X-I SMAN 2 Indramayu dinilai telah berhasil meningkatkan semangat belajar para peserta didik. Keberhasilan ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, yang dimana dilihat dari pretest dan postest serta penilaian sikap.
Copyrights © 2024