Kesetaraan gender menjadi topik utama dalam pendidikan khususnya di pondok pesantren. Pada implementasinya Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran berusaha untuk menerapkan konsep kesetaraan gender ini dalam struktur kepengurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai implementasi kesetaraan gender dalam penempatan jabatan kepengurusan di Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan datanya melalui tiga teknik utama, yakni observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep kesetaraan gender di Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran telah menerapkan dan mengimplementasikannya dengan baik melalui pembagian jabatan kepengurusan secara seimbang antara pengurus santri dan santriyah. Hal ini menunjukkan tidak adanya diskriminasi terhadap perempuan, sehingga perempuan bisa ikut andil dalam kontribusi serta tanggung jawab di pondok pesantren. Adapun tujuannya adalah ketika suatu masyarakat menghadapi permasalahan, penyelesaiannya dapat dilakukan melalui musyawarah bersama, baik laki-laki maupun perempuan memiliki peran aktif dalam proses pengambilan keputusan karena kepribadiannya telah dilatih sejak dini.
Copyrights © 2024