Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 5, No 2 (2023): Oktober 2023

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS DI KELAS IV MI NURUL HIDAYAH KABUPATEN BREBES

Rochmatin, Erin Laeli (Unknown)
Nurhayati, Tati (Unknown)
Rokhmah, Ummi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Pembahasan ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran ular tangga ataupun media pembelajaran lainnya., sehingga siswa kurang terlibat dan siswa mudah merasa jenuh dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS materi tokoh- tokoh pahlawan nasional indonesia di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain penelitian tipe pre-experimental one-shot case stady desain. Populasi dan sampel 38 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 15 perempuan menggunakan teknik sempling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif, kuesioner (angkat) dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinansi. Hasil penelitian menunjukan pengaruh media pembelajarana ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes uji hipotesis dengan uji regresi linear sederhana didapatkan nilai sig 0,857 > 0,05 dan uji keefisien determinansi didapatkan nilai R Square 0,392 < 005. Maka hal ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikansi antara variabel independen terhadap variabel dependen. Karena pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 39,2%. dan sisanya 60,8% dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...