cover
Contact Name
Dadan Setiawan
Contact Email
dsetiawan@syekhnurjati.ac.id
Phone
+6281324280193
Journal Mail Official
jurnalijeepgmi@gmail.com
Editorial Address
Jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jl. Perjuangan, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
ISSN : 27155161     EISSN : 27165116     DOI : 10.24235/ijee
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah di Indonesia
Articles 96 Documents
Konsep Peningkatan Motivasi Belajar Pada Anak Lamban Belajar Pada Usia SD/MI Oktaviyanti, Rahmah Maulani; Masnun, Moh; Jaelani, Aceng
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1610.756 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v4i1.6891

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran anak lamban belajar belum bisa mnegerjakan tugasnya dengan baik oleh karena itu dengan adanya pemberian motivasi belajar pada anak lamban belajar diharapkan dapat menunjukan perubahan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep peningkatan motivasi belajar pada anak lamban belajar usia SD/MI dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan desain penelitian kepustakan. Menggunakan subjek yaitu anak lamban belajar pada usia SD/MI. Tekhnik analisis data dengan cara membaca, menulis lalu menganalisis data sehingga menjadi satu kesatuan data yang utuh. Keabsaha data dengan cara uji kredibilitas dengan melakukan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian antara lain (1) peningkatan motivasi belajar menurut para ahli, Menurut para ahli yang telah dipaparkan diatas maka motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak psikis yang ada dalam diri individu siswa yang dapat mendorong untuk belajar demi mencapai tujuan dari belajar tersebut; (2) Konsep peningkatan motivasi belajar pada anak lamban belajar usia SD/MI, Hasil belajar yang maksimal tidak jauh dari upaya guru memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa antara lain : (a) Penerapan prinsip belajar; (b) Unsur-unsur yang dinamis dalam pembelajaran; (c) Pemanfaatan pengalaman dan kemampuan siswa; (3) Factor Kendala Peningkatan Motivasi Belajar Pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner), dalam proses pembelajaran tentunya tidak semua berjalan sesuai dengan yang kita inginkan karena itu seharusnya guru memiliki cara untuk anak lamban belajar termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar agar tujuan proses belajar mengajar tercapai dengan maksimal.
Implementasi Bermain Kolase dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Fijriah, Rijki; laily, idah faridah
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.959 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6710

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas siswa yang belum berkembang secara maksimal. Hal ini dilihat dari kurangnya keinginan siswa dalam mengembangkan kreasi dalam menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) proses pembelajaran bermain kolase siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) pengembangan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon, dan 3) implementasi bermain kolase dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan yang sesungguhnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan cara menelaah data, mereduksi data dan menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik. Dilihat dari tabel dan rekapitulasi hasil observasi pertama diperoleh 72% dalam kategori “Belum Berkembang”, 28% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 0% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Observasi kedua diperoleh 23% dalam kategori “Belum Berkembang”, 71% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 6% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Hasil observasi ketiga diperoleh 0% dalam kategori “Belum Berkembang”, 39% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 61% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi bermain kolase berhasil dengan baik dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon. Kata Kunci: Bermain Kolase, Kreativitas Siswa       Abstract This research is motivated by the creativity of students who have not developed optimally. This is seen from the way students develop their drawing creations. The research aims to describe 1) the collage learning process of class III B students at MI Salafiyah Cirebon, 2) the creativity development of class III B students at MI Salafiyah Cirebon , and 3) using collage games to develop class III B student creativity in MI Salafiyah Cirebon. This research used a qualitative approach by describing the real situation. Data collection technique was observation, interview and documentation. Analysis of the data used qualitative data by analyzing data, reducing data and presenting data in the form of tables or graphs. Seen from the table and recapitulation of the results of the first observation obtained 72% in “the undeveloped” category, 28% in “the developing category As Expected”, and 0% in “the Very Good Developing” category. The second observation obtained 23% in “the Undeveloped” category, 71% in “the Developing category As Expected”, and 6% in “the Very Good Developing” category. The third observation results obtained 0% in “the undeveloping” category, 39% in “the Developing category As Expected”, and 61% in “the Very Good Developing” category. Based on the results of the research, it can be concluded that the implementation of playing collage was successful in developing student creativity on grade III B at MI Salafiyah city of Cirebon. Keywords: Collage Play, Creativity Student 
Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Disiplin Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon Nuraeni, Siti; Jaelani, Aceng
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.531 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6709

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa dalam proses kegiatan khususnya dalam pembiasaan Shalat Dhuha. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung bahwa kurang optimalnya penerapan tata tertib pada kegiatan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik lembar angket dan dokumentasi. Sementara itu data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji analisis validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji determinasi, uji linier, uji regresi dan uji Hipotesis  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: hasil penyebaran angket pembiasaan Shaat Dhuha memperoleh prosentase sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan hasil penyebaran angket kedisiplinan siswa memperoleh hasil prosentase sebesar 79% dengan kategori baik. Berdasarkan uji determinasi pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa dalam penelitian ini memperoleh hasil sebesar 54,8% dengan kategori cukup sementara hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,825) ≥  ttabel (1.70113) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter disiplin siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Kata Kunci: Pembiasaan, Karakter, Kedisiplinan                                                                                                     Abstract This research is motivated by low students in the process of special activities in the habit of Dhuha prayer. This can be seen from the results of observations made at the time the activities took place which were less than optimal in applying the rules of conduct at school. The purpose of this study was to learn more about habituating the Dhuha prayer to the character of students at the Salafiyah MI in Cirebon City. This research is a type of quantitative research using the post facto method. Data collection techniques used were questionnaire sheets and documentation techniques. Meanwhile the research data were analyzed using validity test, reliability test, normality test, determination test, linear test, regression test and hypothesis test. The results of this study indicate that: the results of the development of the Shaat Dhuha habituation questionnaire can produce a percentage of 82% with a very good category and the results of the questionnaire dissemination of students get a percentage of 79% with good categories. Based on the test of determination of the influence of habituation of Dhuha prayer on the character of students in this study obtained results of 54.8% with a fairly temporary category the results of regression tests showed a significance value of 0,000 5 0.05 and tcount (5,825) ≥ ttabel (1,70113) then Ho rejected and Ha accepted. Dhuha prayer towards the disciplinary character of students at Salafiyah MI in Cirebon City. Keywords: Habits, Character, Discipline 
Pengaruh Pola Asuh Permisif dari Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah alfiani, dwi anita; Sholehat, Desi
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 1, No 1 (2019): Oktober 2019
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (923.953 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5402

Abstract

Abstrak                                                             Kewajiban orang tua diantaranya untuk membimbing serta mengarahkan anak. Namun masih ada orang tua siswa yang kurang peduli terhadap pendidikan anak. Siswa dengan orang tua yang kurang peduli dalam pendidikan anak cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun kenyataannya siswa kelas IV di MIN Kota Cirebon memiliki prestasi belajar yang cukup baik terutama pada pelajaran al-qur’an hadits. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh permisif dari orang tua, untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif dari orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 60 orang dan sampelnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap pola asuh permisif dari orang tua sebesar 80% tergolong pada kategori kuat. Prestasi belajar siswa mata pelajaran al-qur’an hadits di peroleh nilai rata-rata sebesar 69,6. Pengaruh pola asuh permisif dari orang tua diketahui nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan thitung (6,071) lebih besar dari ttabel (2.10982) maka H0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh pola asuh permisif dari orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas IV di MIN Kota Cirebon. R Square dalam hal ini 67,2%, dapat diartikan bahwa 67,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pola asuh permisif dari orang tua sedangkan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Pola Asuh Permisif dari Orang Tua, Prestasi Belajar.   AbstractObligation of parents to guide and direct them children. But there are still parents who are less concerned about the education of children. Students with parents who are less concerned about the education of children tend to have lower educational achievement. But in reality the fourth grade students in the city of Cirebon MIN has a pretty good learning achievement, especially on the lessons quran hadith. The purpose of this study to determine permissive parenting from their parents, to determine student achievement, and to determine the effect of permissive parenting of parents on student achievement. This research is a quantitative method of ex postfacto.The sampling technique usingtechnique. simple random sampling The population is all the fourth grade students of 60 people and a sample of 20 people. The technique of collecting data using observations, questionnaires and documentation. The data were analyzed with simple regression test. The results showed the students' response to the permissive parenting of parents by 80% belong to the strong category. Student achievement subjects quran hadith obtained an average value of69.6.Effect of permissive parenting of parents known significant value of 0.000. Because of the significant value less than 0.05 and t (6.071) is greater than ttable (2.10982) then H0 is rejected means that permissive parenting is no influence of parents on student achievement in the subjects quran hadith MIN class IV in the city of Cirebon. R Square in this case 67.2%, 67.2% means that student achievement is affected by the permissive parenting of parents while the remaining 32.8% is influenced by other factors.Keywords: Permissive Parenting of Parents, Learning Achievement.
Pengaruh metode whole brain teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan dikelas V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON Artono, Artono; Nurhayati, Tati; Maufur, Syibli
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.894 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v4i1.8986

Abstract

Abstrak: Untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan metode whole brain teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental design tipe one group pretest dan posttest.penelitian ini menekankan analisis pada data-data numerik (angka) yang diolah menggunakan cara statistika. Instrumen pengumpulan data dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan dua teknik pengumpulan data (1) Tes dan (2) Observasi.Hasil belajar terhadap penerapan metode whole brain teaching pada pembelajaran matematika secara umum baik, karena berdasarkan interpretasi dari hasil belajar Pretest dan Postest. Hasil belajar Pretest didapatkan nilai rata-rata 3,92%, sedangkan nilai hasil belajar posttest yang didapatkan nilai rata-rata 6,25%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar rata-rata pretest dan posttest meningkat. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon.Kata Kunci: metode whole brain teaching, hasil belajar, materi pecahan.
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon Muzfirah, Suci; Nurhayati, Tati
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.001 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6712

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang merasa kuat, hebat, dan mengganggu temannya. Ketika ditelusuri, siswa tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon, dan 3) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terdahap pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodepenelitian ex post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, penyebaran angket dan studi dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, normalitas, linearitas, determinasi, koefisien regresi dan hipotesis. Dari hasil penelitian rekapitulasi observasi siswa bahwa proses kegiatan ekstrakurikuler pencak silat adalah 77% dengan kriteria kuat (baik). Hasil angket pengembangan karakter adalah 83% dengan kriteria sangat kuat (sangat baik). Berdasarkan hasil uji regresi nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena menurut hipotesis nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap pengembangan karakter siswa. Adapun pengaruhnya yakni sebesar 37,9%, yang artinya pengaruh tersebut lemah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Pencak Silat, Pengembangan Karakter    AbstractThis research is motivated by students who feel strong, great, and disturb their friends. When traced, the student participated in pencak silat extracurricular activities. The research conducted by this researcher aims to describe 1) pencak silat extracurricular activities in MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) character development of students in MI Salafiyah Kota Cirebon, and 3) the influence of pencak silat extracurricular activities on the character development of students in MI Salafiyah Kota Cirebon. This study uses a quantitative approach with ex post facto research methods. Data collection is done through observation techniques, questionnaires and documentation studies. The data analysis used is the test of validity, reliability, normality, linearity, determination, regression coefficients and hypotheses. From the results of the research recapitulation of student observations that the process of pencak silat extracurricular activities is 77% with strong (good) criteria. The results of the character development questionnaire were 83% with very strong criteria (very good). Based on the results of the regression test a significance value of 0,000. Because according to the hypothesis the significance value is smaller than 0.05, Ho is rejected, meaning that there is an influence of pencak silat extracurricular activities on the development of student character. The effect is 37.9%, which means that the influence is weak. So it can be concluded that there is a weak influence in pencak silat extracurricular activities on the character development of students at the MI Salafiyah Kota Cirebon. Keywords: Extracurricular Activities, Pencak Silat, Character Development 
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Jaelani, Aceng; Khotimah, Khusnul
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 1, No 1 (2019): Oktober 2019
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.802 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5417

Abstract

AbstrakMasalah utama proses pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) yaitu, masih rendahnya daya serap peserta didik. Masalah yang telah ditemukan yaitu pada hasil nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas III pada mata pelajaran IPA rata-rata adalah 67 pada Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Guru sudah mencoba menggunakan metode kelompok, tetapi nilainya masih saja di bawah KKM. Hal ini juga tampak dari nilai rata- rata hasil belajar siswa yaitu hanya 67 sedangkan KKM yaitu 75.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang hasil belajar sebelum guru menggunakan model Picture and Picture MI An-Nur, untuk mengetahui hasil belajar siswa materi Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat setelah guru menggunakan model Picture and Picture di MI An-Nur dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian pengaruh model Picture and Picture  terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori cukup baik dengan 0,612% atau 61,2%. Sedangkan uji hipotesis diperoleh thitung (5,633) lebih besar dari ttabel (2.04227) pada taraf signifikan α = 0,05 . Karena thitunglebihbesar dari ttabel   maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur Kota Cirebon. Kata kunci  : Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA.  AbstractThe main problem in the learning process of formal education (schools), namely, the low absorption of learners. The problem that has been found that the results of the average value of daily test third-grade students in science subjects averaged 67 during the first semester Academic Year 2016/2017. Teachers already tried to use the group method, but its value is still below the KKM. It also appears from the average value of student learning outcomes is only 67 while the KKM is 75. The aim of this study is to obtain data on learning outcomes before the teacher uses a model Picture and Picture MI An-Nur, to determine student learning outcomes Environmental material healthy and unhealthy environment after the teacher using the model Picture and Picture in MI An-Nur and to determine the effect of the application of the Picture and Picture on student learning outcomes in a healthy environment materials and environmentally unsound in class III MIAn-Nur.Data collection techniques in this study using the test, observation and documentation. Data were analyzed using simple regresion test. With the effects of the model Picture and Picture  on learning outcomes included in the category quite well with 0.612% or 61.2%. While the hypothesis test obtained tarithmetic (5.633)is greater than ttable (2.04227) at significance level α = 0.05. Becauset isgreater than ttable    then Ha Haccepted ando rejected, it means that there is the effect of the application of the model Picture and Picture to the learning outcomes of students in science subjects and the healthy environmental material unhealthy environment in class III MI An-Nur Cirebon. Keywords: Model Picture and Picture, Science Learning Outcomes.
Pengembangan Media Pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah Janah, Nur; Laily, Idah Faridah; Jaelani, Aceng
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.498 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v4i1.7139

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menuliskan kosakata bahasa Inggris dengan susunan huruf yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk media pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata) serta mengetahui hasil peningkatkan kemampuan menulis kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan angket. Data yang didapat dianalisis menggunakan aplikasi SPSS berupa distribusi frekuensi dan Uji T. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk media pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata), (2) Media ULTRA dinyatakan baik dan sangat layak untuk diuji cobakan berdasarkan hasil validasi ahli media dengan skor 30 dan presentase sebesar 93,75%, media ULTRA baik dan sangat layak untuk diuji cobakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan skor tertinggi yakni 20 dan presentase sebesar 100% dan media ULTRA mendapatkan skor 28 dari hasil validasi oleh praktisi dengan presentase kelayakan sebesar 87,5% sehingga termasuk dalam kategori baik dan sangat layak untuk diuji cobakan tanpa revisi. (3) hasil uji coba terbatas didapat nilai sig 0,000 < 0,05 dimana pengembangan media ULTRA dapat meningkatkan kemampuan menulis kosakata bahasa Inggris siswa kelas III.Kata kunci: Media ULTRA, Kemampuan menulis, Kosakata bahasa Inggris.
UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLONG MENOLONG MELALUI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON Khotimah, Husnul; Alfiani, Dwi Anita
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.526 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v4i1.10728

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial siswa yang kurang tepat khususnya sikap tolong menolong, saling menghormati dan sopan santun. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan perbaikan perilaku dengan penanaman nilai-nilai sosial melalui lembaga seperti sekolah yang dilakukan melalui proses pembelajaran. Nilai-nilai sosial merupakan nilai yang dianut dan terkait dengan norma atau aturan bermasyarakat dan berhubungan dalam kehidupan dengan orang lain. Penanaman nilai sosial di sekolah yaitu dilakukan melalui proses pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai- nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong melalui pembelajaran IPS siswa kelas VI. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan lokasi penelitian adalah MI Salafiyah Kota Cirebon. Subjek penelitian ini yaitu guru IPS, wali kelas VI dan siswa kelas VI. Sumber data dari data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru IPS sekaligus wali kelas VI B, wali kelas VI A dan VI C serta 12 siswa kelas VI yang berasal dari kelas VI A, VI B dan VI C dengan menggunakan teknik purposive  sampling dari kriteria nilai tinggi dan nilai rendah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa penanaman nilai-nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong yaitu 1) dengan cara metode pembelajaran diskusi kelompok interaktif, 2) ceramah dan unsur-unsur nasehat tentang nilai-nilai sosial disela-sela pembelajaran IPS, 3) kegiatan amal jum’at dan 4) pengadaan takziyah. Adapun nilai sosial yang ditanamkan yaitu kepedulian, tolong menolong dan kerjasama.
PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER CALISTUNG TERHADAP KETERAMPILAN M Latifah, Latifah; Alawiyah, Rosmatul
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Train

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.759 KB) | DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6393

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas mengenai kegiatan esktrakurikuler calistung sebagai wadah dalam peningkatan keterampilan membaca siswa. Tujuan dari peneleitian ini yaitu mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca nyaring siswa di kelas II MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon. Pendekatan dalam peneltian ini yaitu kuantitatif dengan desain expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa di kelas II. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan ekstrakurikuler calistung di kelas II MI Hidayatus Shibyan tergolong dalam kategori sangat kuat karena hasil penyebaran angket untuk variabel X adalah sebesar 85%, 2) keterampilan membaca siswa terletak pada kategori B (baik) karena nilai rata-rata siwa sebesar 83 dengan presentase 83%, dan 3) terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca nyaring siswa yang diperoleh dengan uji hipotesis dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dan thitung (6,124) > ttabel (1,67866). Adapun besarnya pengaruh vatriabel X terhadap variabel Y sebesar 62,7% yang diperoleh dari data uji R square sebesar 0,627. Dengan demikian, terdapat pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca siswa di MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon.Kata kunci: ekstrakurikuler, calistung, membaca AbstractThis study discusses the extracurricular activities of calistung as a forum for improving students' reading skills. The purpose of this research is to describe how much influence the calistung extracurricular activities have on reading aloud skills of students in class II MI Hidayatus Shibyan Cirebon District.  The approach in this research is quantitative with an ex post facto design . Data collection techniques used were questionnaires, tests, and documentation. The sample in this study amounted to 48 students in class II. The data of this study were obtained by conducting a normality test, linearity test, determination test, simple regression test, and hypothesis test (t test). The results showed that 1) calistung extracurricular activities in class II MI Hidayatus Shibyan belonged to a very strong category because the results of questionnaires for variable X were 85%, 2) students' reading skills were in category B (good) because of the mean score the student average is 83 with a percentage of 83%, and 3) there is the influence of calistung extracurricular activities on students' loud reading skills obtained by hypothesis testing with a significant value of 0.002 <0.05 and t count (6.124)> t table (1, 67866). The magnitude of the effect of vatriab el X on Y variable is 62.7% which is obtained from the R square test data of 0.627. Thus, there is an effect of calistung extracurricular activities on students' reading skills at MI Hidayatus Shibyan Cirebon Regency. Keywords : extracurricular , calistung , reading

Page 1 of 10 | Total Record : 96