PT Bank Lampung Kantor Pusat merupakan lembaga keuangan di Lampung yang mengandalkan infrastruktur dan layanan teknologi informasi untuk mendukung operasional harian. Meskipun demikian, pengelolaan investasi aset teknologi informasi belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, penilaian terhadap tata kelola teknologi informasi perlu dilakukan dengan fokus subdomain EDM02 Ensure Benefits Delivery menggunakan framework COBIT 5. Tujuannya untuk menilai tingkat Capability Level pada tata kelola teknologi informasi di PT Bank Lampung Kantor Pusat serta memberikan rekomendasi konkret untuk meningkatkan kinerjanya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan kuesioner kepada responden terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Capability Level di PT Bank Lampung Kantor Pusat adalah 3,9 dengan Expected Capability Level sebesar 4,6 sehingga terdapat Gap sebesar 0,7. Rekapitulasi kesesuaian nilai kuesioner IT Control Diagnostic terhadap RACI Chart mencapai 46%. Terdapat sebanyak 10 rekomendasi dihasilkan untuk mencapai Expected Capability Level yang diharapkan.
Copyrights © 2024