Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk di SMAN 1 Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, yang menghadapi masalah kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), aplikasi AR ini berhasil mengurangi kejenuhan dan meningkatkan keterlibatan siswa. Pada tahap analisis, observasi dan wawancara menunjukkan kebutuhan siswa akan metode belajar yang lebih menarik. Desain aplikasi mencakup skenario petualangan dengan visualisasi 3D, mempermudah pemahaman konsep abstrak seperti struktur atom. Implementasi di kelas menggunakan marker-based tracking untuk meningkatkan partisipasi siswa. Evaluasi menunjukkan peningkatan minat belajar dari 61% menjadi 90% setelah menggunakan aplikasi. Umpan balik siswa dan guru menyatakan aplikasi ini memenuhi kebutuhan media belajar inovatif, meskipun ada tantangan perangkat dan koneksi internet. Hasil penelitian ini menekankan bahwa AR efektif meningkatkan interaktivitas pembelajaran, menciptakan pengalaman belajar menyenangkan dan relevan, serta memiliki potensi besar untuk diterapkan lebih luas guna mendukung proses belajar yang inovatif di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025