Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 9 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Pengembangan e-asesmen diagnostik implementasi kurikulum merdeka pada materi bangun ruang dengan konteks museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Hestuti, Peni (Unknown)
Fitrianti, Yuli (Unknown)
Ramury, Feli (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-asesmen diagnostik implementasi kurikulum merdeka belajar pada materi bangun ruang dengan konteks museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang valid, parktis, dan memiliki efek potensial terhadap       pemberian kategori penilaian hasil diagnosis peserta didik kelas VII SMP di Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahapan preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan desain formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan menggunakan walkthrough, lembar angket peserta didik, wawancara, dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh          kesimpulan bahwa e-asesmen diagnostik yang dikembangkan valid berdasarkan lembar validasi ahli dan validitas butir soal, praktis berdasarkan hasil angket dan wawancara peserta didik serta memiliki efek potensial yaitu dapat mengkategorikan peserta didik ke dalam tiga kategori (paham utuh, paham sebagian, dan tidak paham)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...