Ketidakberhasilan sistem pendidikan di Indonesia dipengaruhi dari guru yang tidak memiliki kompetensi dan kurang kreatif. Siswa tidak memiliki motivasi disebabkan tidak ada stimulus. Namun, seiring dengan dinamika perubahan sosial, teknologi, dan kurikulum yang terjadi, guru masa kini menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam upaya untuk meningkatkan profesionalitasnya. Artikel ini mengeksplorasi beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh guru, seperti perubahan kurikulum, teknologi dalam pembelajaran, diversitas peserta didik, tingginya beban kerja dan administratif, serta kesejahteraan guru. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman guru sebagai pendidik profesional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi guru masa kini dalam meningkatkan profesionalismenya serta strategi-strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Guru profesional bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan potensi setiap siswa. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa keterampilan Abad ke-21 Masa depan akan ditandai oleh perkembangan teknologi dan perubahan cepat dalam dunia kerja. Guru profesional berperan dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, kritis berpikir, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital. Mereka membantu siswa mempersiapkan diri untuk tantangan yang akan mereka hadapi di dunia yang terus berkembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025