cover
Contact Name
Yulia Rahmawati. Z
Contact Email
yuliarahmawatiz991@gmail.com
Phone
+6285274069895
Journal Mail Official
jurnaledumatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan Universitas Tamansiswa Padang Jln. Tamansiswa Padang No.9 Padang - Sumatra Barat (25138)
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Edumatika: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Fokus dan tema dari Jurnal Edumatika adalah Pendidikan dan Pengajaran, Teknologi Pendidikan, Filosofi Pendidikan Matematika, Psikologi Pendidikan Matematika, Pengajaran dan Pembelajaran Matematika, Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Matematika, dan Ilmu Matematika (aljabar, analisis, geometri, graph, statistika, terapan, kombinatorik, komputasi dan aktuaria).
Articles 17 Documents
Perhitungan Premi Tahunan Asuransi Jiwa dengan Status Joint Life Ayuni, Rani Foermita; Z, Yulia Rahmawati; Muchlian, Melvi
Jurnal Edumatika Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model asuransi bersama joint life adalah model lanjutan dari model asuransi tunggal yang dikembangkan dari konsep kelangsungan hidup kelompok dan probabilitas kelangsungan hidup diasumsikan saling bebas (independent). Penerapan model asuransi joint life biasanya digunakan pada asuransi jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perhitungan nilai premi dan membandingkan nilai premi tahunan asuransi jiwa status joint life berdasarkan asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi dwiguna. Jenis penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan studi literatur. Data penelitian yang digunakan berbentuk polis nasabah asuransi jiwa anak laki-laki (x) dan ibu (y) yang berusia 21 dan 45 tahun saat mendaftar asuransi jiwa. Berdasarkan hasil perhitungan dan perbandingan yang diteliti maka diperoleh:1) Nilai premi dengan jenis asuransi seumur hidup lebih rendah dibandingkan dengan jenis asuransi dwiguna status joint life terlihat dari nilai pembayarannya; 2) Nilai premi tahunan menggunakan tingkat suku bunga 4% menghasilkan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan bunga 3,25% terlihat dari nilai pembayarannya.
Pemodelan Lama Masa Studi Mahasiswa Dengan Regresi Cox Proportional Hazard Lingling, F. R.J; Resti, Siska; Rosita, Silvia
Jurnal Edumatika Vol 1 No 2 (2025): Vol. 1 No. 2 Januari Tahun 2025
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan tinggi berperan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa agar dapat memajukan bangsa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model lama masa studi mahasiswa dengan regresi Cox Proportional Hazard dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD. Hasil penelitian ini adalah Model Regresi Cox Proportional Hazard dari faktor-faktor yang mempengaruhi lama masa studi mahasiswa di setiap 5 (lima) Universitas yang peneliti teliti di kota padang diperoleh sebagai berikut : h (t,X) = h_(0 (t).)exp (-9.273x_(5(2))+ -6.966x_(6(3)) + 3.137x_(9(2)) + 3.772x_11). Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh faktor yang signifikan terhadap lama masa studi mahasiswa di lima univeristas saat di lakukan penelitian dengan kuisioner. Faktor tersebut diantaranya Jurusan, pekerjaan ayah, penghasilan ayah dan status bekerja mahasiswa.
On Ramsey (3K_2,2K_5)-Minimal Graphs Permataputri, Nailul Yuni
Jurnal Edumatika Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

For given two graphs G and H, the notation F?(G,H) means that any red-blue coloring of all the edges of F contains a red copy of G as a subgraph or a blue copy of H as a subgraph. A graph F is Ramsey (G,H)-minimal if F?(G,H) and for any edge e in F then F-e?(G,H). The class of all (G,H)-minimal graph, is denoted by R(G,H). In this research, we determined graphs in R(3K2,2K5 ).
Perhitungan Dana Pensiun Metode Entry Age Normal Asumsi Bunga Cox Ingersoll Ross Nuri, Sindri Delva; Rosita, Silvia; Z, Yulia Rahmawati
Jurnal Edumatika Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The payment of pension benefits is fully borne by the APBN, resulting in a drastic increase in the APBN. This can happen because it is influenced by funding calculations with inaccurate assumptions. One of the influential assumptions is the assumption of interest rates. The assumption of interest rates in calculating pension funds uses constant interest rates and does not follow the movement of the BI rate reference rate, so it is not precise because interest rates fluctuate. Therefore, in this study the Cox Ingersoll Ross stochastic interest rate pension fund model was carried out using the Entry Age Normal method. Based on a comparison of the results of the 8% constant interest rate and the CIR interest rate, it can be seen that the calculation of pension funds at the CIR interest rate, the value of normal contributions and actuarial obligations is much greater than that of the constant interest rate, so it is better for the company.
Guru Profesional dengan Tantangan Tugas, Fungsi, serta Perannya dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidikan Yahya, Muhammad; Martha, Alfroki
Jurnal Edumatika Vol 1 No 2 (2025): Vol. 1 No. 2 Januari Tahun 2025
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketidakberhasilan sistem pendidikan di Indonesia dipengaruhi dari guru yang tidak memiliki kompetensi dan kurang kreatif. Siswa tidak memiliki motivasi disebabkan tidak ada stimulus. Namun, seiring dengan dinamika perubahan sosial, teknologi, dan kurikulum yang terjadi, guru masa kini menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam upaya untuk meningkatkan profesionalitasnya. Artikel ini mengeksplorasi beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh guru, seperti perubahan kurikulum, teknologi dalam pembelajaran, diversitas peserta didik, tingginya beban kerja dan administratif, serta kesejahteraan guru. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman guru sebagai pendidik profesional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi guru masa kini dalam meningkatkan profesionalismenya serta strategi-strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Guru profesional bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan potensi setiap siswa. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa keterampilan Abad ke-21 Masa depan akan ditandai oleh perkembangan teknologi dan perubahan cepat dalam dunia kerja. Guru profesional berperan dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, kritis berpikir, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital. Mereka membantu siswa mempersiapkan diri untuk tantangan yang akan mereka hadapi di dunia yang terus berkembang.
Perbandingan Metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium dalam Perhitungan Dana Pensiun Huljannah, Zakkya Mifta; Rosita, Silvia; Z, Yulia Rahmawati
Jurnal Edumatika Vol 1 No 2 (2025): Vol. 1 No. 2 Januari Tahun 2025
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pensiun merupakan sebuah alternatif pilihan dalam memberikan jaminan kesejahteraan kepada pegawai pada saat pensiun. Di Indonesia umumnya yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai di suatu Perusahaan, memiliki suatu kesadaraan bahwa hidup mereka bergantung pada negara yang menjamin hidup dihari tua nanti. Saat mereka masih aktif sebagai pegawai penghasilan nampaknya bukan menjadi persoalan. Namun, jika suatu saat pegawai tersebut tidak lagi bekerja karena suatu hal, seperti risiko kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut, risiko cacat bahkan risiko meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung iuran normal dan melihat perbedaan perhitungan iuran normal dengan menggunakan metode Projected Unit Credit dengan metode Individual Level Premium. Hasil dari penelitian besar iuran normal yang dihitung dengan menggunakan metode PUC lebih kecil tetapi, mengalami kenaikan setiap tahunnya sampai memasuki usia pensiun. Sedangkan untuk perhitungan besar iuran normal dengan menggunakan metode ILP setiap tahunnya mengalami kenaikan tetapi seiring berjalannya waktu pada pertengahan masa kerja mengalami penurunan yang terjadi kepada semua peserta baik laki-laki maupun perempuan. Untuk peserta yang masa kerjanya lama, maka iuran normal yang dibayarkan lebih tinggi dan peserta yang memiliki masa kerja yang singkat iuran normal yang dibayarkan lebih rendah. Berdasarkan perhitungan iuran normal, PUC lebih menguntungkan bagi peserta sedangkan metode ILP lebih menguntungkan bagi perusahaan.
Hakikat Manusia dan Pendidikan dalam Perspektif Islam Yahya, Muhammad; Herdianti, Noviani; Novelia, Liza; Nazar, Desti Nora; Hendrizal, Hendrizal
Jurnal Edumatika Vol 1 No 2 (2025): Vol. 1 No. 2 Januari Tahun 2025
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan secara sederhana dikatakan sebagai sebuah proses “memanusiakan manusia”, Abdurrahman Shalih (t.th;47) mengatakan “man is the core of the educational process”, bahwa manusia adalah inti dari sebuah proses pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa manusia adalah obyek dan sekaligus pelaku pendidikan. Sebab itu sejauh mana pendidikan itu diformulasikan dan diimplementasikan harus selalu disandarkan pada konsepsi tentang hakekat manusia. Merumuskan dan mengembangkan tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode, kurikulum, evaluasi pendidikan, dan seterusnya harus selalu dikonsultasikan pada filsafat dan pemahaman tentang hakekat manusia itu sendiri. Pembahasan ini berusaha memahami hakekat manusia sebagai sebuah kajian ontologi Pendidikan Islam. Ada beberapa hal yang dikaji dalam tulisan ini yaitu; 1) pemahaman tentang hakekat manusia; 2) proses kejadian manusia; 3) potensi-potensi dasar manusia; 4) tugas dan fungsi penciptaan manusia; serta 5) implikasinya dalam pendidikan.
Perbandingan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Amerika dan Dollar Swiss Frans (CHP) Dengan Metode Fuzzy Time Series (FTS) Markov Chain dan Double Exponential Smoothing Delsafitri, Fika; Resti, Siska; Yurniati, Yurniati
Jurnal Edumatika Vol 1 No 2 (2025): Vol. 1 No. 2 Januari Tahun 2025
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perekonomian Indonesia banyak dipengaruhi perekonomian internasional sehingga nilai tukar rupiah sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan perekonomianya. Perekonomian Indonesia dipengaruhi juga kondisi perekonomian dari negara lain, salah satunya adalah perekonomian Amerika dan Swiss dimana Indonesia masih memiliki hutang Internasional. Ketika terjadi penurunan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar akan mempengaruhi jumlah hutang luar negeri yang harus dibayarkan. Biaya produksi industri baik impor maupun ekspor juga dipengaruhi oleh meningkat atau menurunnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil peramalan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika dan Dollar Swiss Franc (CHF) dengan metode fuzzy time series (FTS) Markov Chain. Hasil dari penelitian ini berdasarkan peramalan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika mengggunakan metode Fuzzy Time Series terjadi peningkatan yaitu pada tanggal 16 juni sebesar 16259,583 dan tanggal 17 juni sebesar 16259,583 dengan nilai MAPE 0,49%. yaitu dengan kategori cukup karena 20%-50%. Hasil peramalan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Swiss mengggunakan metode Fuzzy Time Series tanggal 16 Juli 2024 sebesar 18153,92 dan 17 Juli 2024 sebesar 18153,92 dengan nilai MAPE 0,44 %. yaitu dengan kategori cukup karena 20%-50%.
Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang Zikrillah, Rizki; Umar, Fahkrullah I Tama; Sumarni, Titi
Jurnal Edumatika Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika, guru mata pelajaran matematika cenderung memakai model konvensional sehingga proses pembelajaran menjadi monoton, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang sebanyak 240 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan sampelnya yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh yaitu: 1) hasil belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan terlihat dari rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 82,71 lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol 79,43; dan 2) Setelah dilakukan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu (1,86 > 1,66), hal ini menunjukkan H0 yang diajukan ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang.
PERAMALAN PERSENTASE TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2023-2030 DENGAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING Sarifah, Laila; Resti, Siska; Muchlian, Melvi
Jurnal Edumatika Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024
Publisher : Pendidikan Matematika, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Tamansiswa Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang hasil peramalan yang akan dilakukan pada persentase kemiskinan yang terjadi di Provinsi Sumatera Barat dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang datanya berupa angka karena objek penelitiannya atau tema dari penelitian itu sendiri dapat diukur. Metode dalam pengambilan sampel yang akan digunakan adalah metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data berupa dokumen dari persentase tingkat kemiskinan dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing. Pada penelitian ini menggunakan Software Eviews yang merupakan perangkat lunak yang dipergunakan untuk melakukan pengolahan statistika. menentukan nilai akurasi pada peramalan dapat dilakukan dengan perhitungan nilai MAPE. Hasil yang didapat setelah dilakukan perhitungan forecasting untuk data Persentase tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat tahun 2023-2030 yaitu mengalami fluktuasi meningkat dengan nilai sebesar 6,07% dan akurasi MAPE sebesar 0,77%.

Page 1 of 2 | Total Record : 17