Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol. 8 (2024): The 8th Annual Conference On Islamic Early Childhood Education

Membuat Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Teori Piaget Untuk Membangun Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Nuraini, Gina Yunia Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya pembelajaran yang menyenangkan untuk mendukung perkembangan kognitif anak usia dini berdasarkan teori Jean Piaget. Masa kanak-kanak merupakan periode emas di mana anak-anak menyerap pengetahuan dan pengalaman dengan cepat. Teori Piaget menekankan peran aktif anak dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan, khususnya melalui pengalaman bermain. Artikel ini meninjau teori Piaget dan tahap-tahap perkembangan kognitif, serta membahas bagaimana teori tersebut dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. Hasil analisis menunjukan bahwa teori Piaget memberikan kerangka kerja yang kuat untuk memahami bagaimana anak-anak belajar dan berkembang. Pengetahuan mengenai metode pembelajaran yang menyenangkan berdasarkan teori Piaget diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Dengan memahami dan menerapkan teori Piaget, pendidik dapat membantu anak-anak mencapai potensi kognitif anak secara optimal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...