Penelitian ini membahas tentang pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada anak usia dini. Penanaman wawasan lingkungan hidup diyakini dapat membantu anak dalam menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan, serta kepedulian dalam menjaga alam dan diharapkan tumbuh menjadi anak yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan alam. Untuk itu penting kiranya memuat nilai edukatif, partisipatif dan berkelanjutan dalam pembelajaran anak usia dini. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif-analitis. Subjek penelitian ini Lembaga RA DWP UIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan. Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Anak Usia Dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta meliputi empat aspek; Pertama, Pengembangan Prinsip-Prinsip Pendidikan Lingkungan Hidup di RA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua, Pengembangan Program Pendidikan Lingkungan Hidup di RA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketiga, Pengembangan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Lingkungan Hidup di RA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan Keempat, Pengembangan Kemampuan Pembiasaan Pendidikan Lingkungan Hidup di RA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Copyrights © 2024