Pra-penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Taman memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, aktif selama pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pemberian pretest dan posttest selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental, teknik one group pretest-posttest desain, dan subjek penelitian adalah peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Taman kelas VII E sebanyak 28 orang. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif melalui perhitungan uji normalitas, uji t-berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas pretest memperoleh nilai signifikansi 0.075, dan nilai posttest memiliki nilai signifikansi 0.083. Uji t-berpasangan memperoleh nilai <0.001 dan perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0.51 kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model PBL berbasis literasi sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2024