Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan khususnya penggunaan gaya dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat respon siswa dengan melakukan penerapan pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Struktur Bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya adalah poor-experimental designs dengan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini merupakan siswa salah satu SMP kelas VIII di Surabaya. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAl dan media AR, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu respon siswa Insrumen pada penelitian ini, yaitu survei. Penelitian yang dilakukan sebanyak tiga pertemuan ini memperoleh indikator model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebanyak 85,64% masuk kategori sangat setuju, sedangkan pada indikator media AR sebanyak 86,84% masuk kategori sangat setuju.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024