PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol. 12 No. 2 (2024)

ANALISIS RESPONS SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN AUGMENTED REALITY

Susilowati, Ruruh (Unknown)
Martini (Unknown)
Muhamad Arif Mahdiannur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan khususnya penggunaan gaya dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat respon siswa dengan melakukan penerapan pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Struktur Bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya adalah poor-experimental designs dengan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini merupakan siswa salah satu SMP kelas VIII di Surabaya. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAl dan media AR, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu respon siswa Insrumen pada penelitian ini, yaitu survei. Penelitian yang dilakukan sebanyak tiga pertemuan ini memperoleh indikator model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebanyak 85,64% masuk kategori sangat setuju, sedangkan pada indikator media AR sebanyak 86,84% masuk kategori sangat setuju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...