PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol. 12 No. 3 (2024)

ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

Jannah, Miftakhul (Unknown)
Sudibyo, Elok (Unknown)
Mursyidah, Roihana Waliyyul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan literasi sains siswa setelah implementasi model pembelajaran guided inquiry pada materi tekanan zat cair. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian yang berjumlah 17 siswa kelas VIII-B di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang disesuaikan dengan aspek dan indikator domain kompetensi literasi sains. Hasil analisis data menggunakan uji N-gain menunjukkan rata-rata skor N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...