Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup dan klasifikasinya. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Desain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Cara penarikan sampel menggunakan sistem undian. Data yang terkumpulkan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan analisis Manova yang didahului uji hipotesis, meliputi Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan statistic Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas varian dilakukan dengan menggunakan statistic Levene. Uji kolinieritas antar variabel terikat menggunakan korelasi product moment. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikasi 5%. Hasil analisis angka statistik F sama dengan 31.523 dan angka sig. 0,000< 0,05. Jadi hipotesis null (Ho) ditolak dan HA diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi “Keanekaragaman makhluk hidup dan klasifikasinya”. hasil uji keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut berdasarkan pada hasil analisis Manova yang memperoleh angka statistik F sama dengan 19,292 dan angka signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root. Jadi hipotesis null (Ho) ditolak dan HA diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Copyrights © 2024