Teori APOS terdiri dari empat tahapan yaitu aksi, proses, objek dan skema. Hasil belajar matematika adalah suatu bentuk pemahaman dan penugasan siswa terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan hasil tes pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan teori APOS dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPI Nurul Jadid Abdul Karim Banyurip. Hasil penelitian (1) hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 37,93% tuntas, 62,06% belum tuntas sehingga rata-rata perolehan hasil belajar siswa adalah 69,83% dan 79,31% tuntas, 20,68% belum tuntas sehingga perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 75,43%. dan (2) siswa memberikan respon yang cukup baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan teori APOS, pada siklus I mencapai 69,67% dan siklus II 70,04%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teori APOS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dua siklus dan empat tahap pembelajaran yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, tes individual dan kegiatan penutup. Bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian serupa, diharapkan menerapkan pada materi yang berbeda, misalnya pada aljabar atau geometri.
Copyrights © 2024