Jurnal Teknik Informatika
Vol. 4 No. 3 (2024)

Personalisasi Gamifikasi Pembelajaran Transformasi Pendidikan Pemrograman Berbasis Mobile dengan Pendekatan MBTI

Rinjeni, Tri Puspa (Unknown)
Rahma Aulia, Virdha (Unknown)
Rahmawati, Rafika (Unknown)
Indayanti Sugata, Tri Luhur (Unknown)
Ramadhani Mukhlis, Iqbal (Unknown)
Karunia Farista Ananto, Prasasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi gamifikasi personalisasi dalam mengatasi tantangan keterlibatan dan motivasi dalam pendidikan pemrograman. Dengan memanfaatkan kerangka Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), elemen gamifikasi seperti leaderboard, badges, dan progress bar disesuaikan dengan preferensi individu mahasiswa untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang mengacu pada prinsip ISO 9241-210 untuk mengembangkan prototipe antarmuka UI high-fidelity. Evaluasi heuristik dilakukan oleh pakar untuk menilai kegunaan dan efektivitas desain. Temuan utama penelitian ini menyoroti bahwa elemen gamifikasi yang disesuaikan dengan preferensi MBTI dapat memenuhi kebutuhan pembelajar yang beragam dan meningkatkan interaksi dengan platform. Penelitian ini menunjukkan potensi gamifikasi berbasis MBTI sebagai strategi inovatif untuk pendidikan personalisasi. Penelitian lanjutan akan berfokus pada implementasi platform menjadi sistem fungsional serta pengembangan fitur untuk basis pengguna yang lebih luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEKIN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JEKIN-Jurnal Teknik Informatika: diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah untuk membantu akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mensosialisasikan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal JEKIN adalah untuk mempublikasikan ...