Latar Belakang: Konsumsi sayur dan buah setiap hari merupakan salah satu syarat dalam memenuhi pola makan sehat berpedoman gizi seimbang. Konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia masih dibawah anjuran kecukupan, terutama pada remaja yang memerlukan asupan gizi seimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan: Menganalisis pengaruh video edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan serta perubahan konsumsi sayur dan buah pada remaja di SMPN 1 Pondoksalam Metode: Penelitian ini  merupakan quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan di Aula Sekolah SMPN 1 Pondoksalam pada bulan November - Desember 2022. Subjek penelitian 80 siswa kelas VII, VIII dan IX dengan teknik random sampling. Intervensi gizi dilakukan selama 6 hari menggunakan media audiovisual berdurasi 8 menit 30 detik Data tingkat pengetahuan diukur menggunakan kuesioner. Data konsumsi sayur buah diukur dengan menggunakan Semi Quantitave Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ). Analisis data menggunakan Wilcoxon test. Hasil: Terdapat peningkatan tingkat pengetahuan konsumsi sayur dan buah subjek 25.8%. Peningkatan total konsumsi sayur 35%. Peningkatan total konsumsi buah 6.2%. Peningkatan frekuensi konsumsi sayur 36.2%. Peningkatan frekuensi konsumsi buah 17.5% setelah pemberian edukasi gizi menggunakan media audiovisual. Terdapat pengaruh edukasi gizi dengan tingkat pengetahuan (p=0.000), total konsumsi sayur (p=0.000), frekuensi konsumsi sayur (p=0.000), frekuensi konsumsi buah (p=0.000). Tidak terdapat pengaruh total konsumsi buah (p=0.874) sebelum dan sesudah pemberian edukasi gizi menggunakan media audiovisual. Simpulan: Terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan, total konsumsi sayur, frekuensi sayur dan buah. Tidak terdapat pengaruh  edukasi gizi terhadap total konsumsi buah pada remaja di SMPN 1 Pondoksalam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024