Artikel ini bertujuan membahas pentingnya pendidikan perempuan berbasis QS. An-Nisa’ Ayat 32 dan QS. An-Nahl Ayat 97 dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di Indonesia. Meskipun kemajuan telah dicapai, perempuan masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses pendidikan yang setara, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menyoroti perlunya kurikulum yang inklusif dan sensitif terhadap gender, serta pelatihan kesadaran gender bagi pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang tidak diskriminatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya prinsip Al-Qur’an mengedepankan keadilan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam mendapatkan Pendidikan. Selain itu, dalam Al-Qur’an, Allah juga memberikan tantangan bagi kaum laki-laki dan perempuan untuk mengejar prestasi. Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan kemakmuran. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendidikan yang setara bagi perempuan bukan hanya penting untuk pengembangan individu, tetapi juga untuk kemajuan sosial dan ekonomi secara keseluruhan, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024