Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar

Agustin, Putri (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Muhdiyati, Iyon (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa yang nantinya  akan menjadi bekal terutama bagi siswa sekolah dasar, dengan menulis siswa mampu menyampaikan ide, gagasan, serta perasaanya melalui tulisan sehingga pembaca dapat memahami isi tulisan dengan baik. Namun faktanya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia masih rendah, siswa kesulitan dalam menuangkan ide,gagasan hal ini adanya beberapa faktor antara lain penggunaan model yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap keterampilan menulis teks deskripsi kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Tajurhalang 03. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, design penelitian Quasy Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil posttest terdapat perubahan peningkatan atau pengembangan yang lebih baik dari pada sebelumnya hasil tes menunjukan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Advance Organizer terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Tajurhalang 03. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji Indenpendent t-test, hasil pengolahan data yaitu sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...