Kemajuan teknologi memberikan peluang yang signifikan dalam pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar, untuk meningkatkan motivasi siswa, menumbuhkan minat belajar, dan meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan kreativitas digital dalam media pembelajaran yang relevan bagi siswa sekolah dasar, dengan fokus khusus pada Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode tinjauan pustaka yang menggabungkan berbagai sumber, termasuk jurnal akademik, artikel, dan laporan penelitian. Analisis tersebut mengungkap beberapa teknologi yang dapat diterapkan secara efektif untuk mengajar Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Teknologi tersebut meliputi video interaktif, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), gamifikasi, komunitas pembelajaran daring, dan aplikasi berbasis AI. Video interaktif melibatkan siswa dengan menggabungkan elemen visual dan audio yang menarik. Teknologi AR dan VR menawarkan simulasi 3D cerita rakyat Indonesia, sehingga meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Gamifikasi meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan berbasis permainan yang interaktif. Komunitas pembelajaran daring menumbuhkan kolaborasi kreatif di antara siswa, sementara aplikasi berbasis AI memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Simpulan yang dapat disampaikan bahwa teknologi digital dapat mendukung lingkungan belajar yang lebih interaktif, praktis, dan relevan bagi siswa di khususnya dalam menguasai Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2024