Di era informasi dan teknologi yang terus berkembang, publikasi ilmiah menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan kompetensi guru. Penulisan artikel ilmiah tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan karir individu tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Hasil pengamatan dan wawancara di SMP N 20 Surakarta ditemukan kebutuhan para guru untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara khusus mengenai penulisan artikel ilmiah. sehingga diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah di sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi guru dengan memberikan keterampilan menulis artikel ilmiah serta memberikan kesempatan yang lebih luas bagi guru agar dapat memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih banyak tentang pentingnya menulis artikel ilmiah. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik, aktif dan sesuai harapan. Program pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi para guru untuk menulis artikel ilmiah hasil penelitian serta guru dapat lebih siap untuk berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan meningkatkan profesionalisme mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024