ejurnal imedtech
Vol 8 No 1 (2024): JUNI 2024

IMPLEMENTASI MODUL AJAR BERMUATAN CODING FASE FONDASI TEMA ALAM SEMESTA SUB TEMA BULAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI

Yona, Maria Dela (Unknown)
Oka, Gde Putu Arya (Unknown)
Ngura, Elisabeth Tantiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema bulan anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Penelitian ini juga merupakan kelanjutan dari penelitian pengembangan sebelumnya, yang sudah sampai pada tahap uji kelayakan produk dengan menggunakan model ADDIE. Untuk itu penelitian sekarang perlu melakukan pada tahap evaluasi produk sesuai tahapan model ADDIE. Metode evaluasi yang digunakan adalah Model Donald Krikpatrick. Adapun desain penelitian tahapan evaluasi sumatif yang terdiri dari lima langkah yaitu (1) Menentukan tujuan evaluasi: (2) Memilih metode evaluasi yang terdiri dari empat level yaitu reaksi (Reaction), pembelajaran (Learning), perilaku (Behavior), hasil (Ruselth). 3) Merancang instrumen evaluasi: (4) Pengumpulan data (5) Analis dan laporan hasil. Berdasarkan hasil yang diperoleh uji evektivitas modul ajar bermuatan coding di PAUD Terpadu Citra Bakti memperoleh hasil yang sangat baik melalui beberapa tahapan diantaranya adalah sebagai berikut 1) Reksi dalam pembelajaran coding yang dipeoleh 30% abstraction, 38% decomposition dan 30% abstraction. 2) Proses pembelajaran coding yang di temukan 61% debugging dan 31% decomposition. 3) Perilaku anak dalam mengikuti pembelajaran coding 30% decomposition dan 69% abstraction. 4) Hasil belajar anak dalam proses pembelajaran coding 76% generating and pattern. Kata kunci : Modul_ajar; coding_bulan; fase_Fondasi; paud_citrabakti

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imedtech

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

ejurnal Imedtech fokus pada Instructional Media, Design dan Instructional Technology. Body of Knowledge instructional technology atau teknologi pembelajaran menjadi ruang lingkup dari jurnal ini. Adapun ruang lingkupnya adalah sebagai berikut: Artikel terkait dengan desain sistem pembelajaran, ...