Penelitian ini didorong oleh rendahnya kemampuan belajar yang kurang optimal dari siswa kelas X IPS di SMA Negeri 4 Kupang dalam mata pelajaran ekonomi. Fokus dari penelitian ini untuk mengidentifikasi sejauh mana kompetensi pedagogik guru mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian bersifat kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, dan penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 4 Kupang yang berjumlah 288 orang sebagai populasinya. Sebanyak 72 siswa dari kelas X IPS Cdan X IPS D dilibatkan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat utama untuk mengumpulkan data. Analisis data menghasilkan nilai thitung (13,649) >nilai ttabel (1,66691). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (HO) tidak diterima. Bukti yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan penerimaan hipotesis alternatif, yaitu bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang.
Copyrights © 2024