ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui seberapa besar pemahaman siswa mengenai materi gerak parabola siswa pada Konteks Pembelajaran Fisika SMA Negeri 02 Kota Bengkulu. 2) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran berupa alat eksperimen fisika menurut guru dan siswa SMA Negeri 02 Kota Bengkulu. Metode pada penelitian ini adalah mix method yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu adanya perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan. Di mana kegiatan pembelajaran menuntut dikuranginya metode ceramah dan diganti dengan pemakaian banyak media sehingga dapat mengurangi siswa yang terlihat bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa dan guru belum pernah melaksanakan praktikum fisika secara konkret di karenakan tidak tersedianya alat praktikum gerak parabola di sekolah, Namun sudah melakukan praktikum virtual berbasis Phet Simulation. Teknik pengumpulan data berupa wawancara untuk kualitatif ke guru fisika dan angket untuk kuantitatif ke siswa. Adapun, instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar wawancara guru dan lembar angket siswa. Hasil dari wawancara dan angket yang diperoleh adalah 1) Pemahaman siswa terhadap materi gerak parabola cukup rendah dengan persentase sebesar 55,2% dari seluruh responden di karenakan metode yang di gunakan guru masih metode ceramah dan belum ada penggunaan alat eksperimen 2) guru dan siswa merasa sangat membutuhkan pengembangan media pembelajaran fisika berupa alat eksperimen dengan persentase sebesar (72,4%). Kata kunci: Analisis Kebutuhan, Alat Eksperimen, Gerak Parabola ABSTRACT This research aims to 1) Find out how much students understand about parabolic motion in the Physics Learning Context of SMA Negeri 02 Bengkulu City. 2) Analyze the need for learning media in the form of physics experimental tools according to teachers and students of SMA Negeri 02 Bengkulu City. The method in this research is a mix method, namely quantitative and qualitative. The background to this research is technological developments that influence the world of education. Where learning activities require reducing the lecture method and replacing it with the use of lots of media so that it can reduce students who appear bored during the learning process. Students and teachers have never carried out concrete physics practicums due to the unavailability of parabolic motion practicum equipment at school, but have carried out virtual practicums based on Phet Simulation. Data collection techniques include qualitative interviews with physics teachers and quantitative questionnaires with students. Meanwhile, the instruments used in the research were teacher interview sheets and student questionnaires. The results of the interviews and questionnaires obtained were 1) Students' understanding of parabolic motion material was quite low with a percentage of 55.2% of all respondents because the method used by teachers was still the lecture method and there was no use of experimental equipment. 2) Teachers and students felt really needs the development of physics learning media in the form of experimental tools with a percentage of (72.4%). Keywords: Needs Analysis, Experimental Tools, Parabolic Motion
Copyrights © 2024