Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa terhadap Kreativitas Membuat Alat Permainan Edukatif pada Mahasiswa PGPAUD UPR. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan pendekatan true eksperimental dan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian ini melibatkan mahasiswa S1 PGPAUD FKIP Universitas Palangka Raya Angkatan 2021 kelas A dan B sebanyak 34 orang, yang terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 17 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen penilaian kreativitas mahasiswa. Berdasarkan analisis data penelitian Uji Hipotesis diperoleh taraf signifikasi 0,000 atau < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa terhadap Kreativitas Membuat Alat Permainan Edukatif pada Mahasiswa PGPAUD UPR, serta berdasarkan hasil Uji Beda, menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 87,69 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 50,41, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas ekperimen dengan metode Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa dan kelas kontrol dengan metode konvensional.Abstract: This study aims to examine the influence of Project Based Learning using APE Books from Leftover Materials on the Creativity of Making Educational Game Tools in PGPAUD UPR Students. This research method uses an experimental research method, with a true experimental approach and a Pretest-Posttest Control Group design. The sample of this study involved 34 S1 PGPAUD FKIP students of Palangka Raya University Class A and B Class 2021, consisting of class A as an experimental class of 17 students and class B as a control class of 17 students. The research instrument used is an instrument for assessing student creativity. Based on the analysis of the research data of the hypothesis test, a significance level of 0.000 or < 0.05 was obtained, which means that there is an influence of Project Based Learning using APE Books from Waste Materials on the Creativity of Making Educational Game Tools in PGPAUD UPR Students, and based on the results of the, it shows that the average score of the posttest in the experimental class is 87.69 and the difference test average score of the posttest in the control class is 50.41, which means that there is a significant difference between the learning outcomes of the experimental class with the Project Based Learning method using the APE Book from Waste Materials and the control class with the conventional method.
Copyrights © 2024