Mutu pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Kepala sekolah memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kemajuan sekolah, termasuk dalam implementasi program-program pendidikan yang berdampak pada kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dalam implementasi Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK BPI Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus yang berfokus pada pengalaman kepala sekolah dalam mengambil keputusan strategis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis secara sistematik untuk memberikan gambaran yang mendalam tentang proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program SMK PK di SMK BPI Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang, pengorganisasian yang jelas, serta pelaksanaan dan pengawasan yang efektif, telah meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan SMK BPI Bandung. Program SMK PK, yang melibatkan kolaborasi dengan industri, telah berhasil meningkatkan kompetensi peserta didik, terbukti dengan meningkatnya jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengambilan keputusan kepala sekolah sangat mempengaruhi keberhasilan implementasi program SMK PK dalam meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan di SMK BPI Bandung.
Copyrights © 2024