Ulumul Qur'an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Vol. 5 No. 1 (2025): Ulumul Qur'an: March 2025

Kaligrafi Sebagai Implementasi Living Qur'an di SD IT Darul Quran Mulia Bogor

Nur Huda, Fauzan Ashar (Unknown)
Shidiq, Muhammad Iqbal (Unknown)
Said, Hasani Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tulisan ini menjelaskan pemanfaatan kaligrafi ayat-ayat al-Qur'an sebagai elemen dekoratif pada lingkungan belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Quran Mulia Bogor, sebagai bentuk praktik Living Qur'an. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis dan kerangka teori interaksionisme simbolik serta behavioristik, studi ini mengungkap bahwa kaligrafi tidak hanya berperan sebagai ornamen estetik, melainkan juga berfungsi sebagai artefak kultural yang mengukuhkan identitas Islami sekolah. Selain itu, kaligrafi juga berperan sebagai medium pembelajaran yang memperkaya pengalaman siswa dalam seni kaligrafi serta memperkuat internalisasi nilai-nilai agama. Temuan ini mengindikasikan potensi kaligrafi sebagai perangkat pedagogis yang efektif dalam konteks pendidikan Islam dan praktik Living Qur'an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUQDQ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darul Quran, Bogor. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian yang berkualitas di bidang ilmu Al-Quran dan tafsir yang relevan dengan perkembangan dunia ...