DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2020): DUNIA ANAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)

Ewut, Ratna Rambu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri 50 Nanga Gonis Sekadau. Fokus Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar dan kemampuan berpikir kritis menggunakan metode Teams Games Tournaments (TGT). Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan metode Teams Games Tournaments (TGT) Pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 50 Gonis sekadau. Jenis Penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan metode Penelitian Kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 50 Nanga Gonis Sekadau adalah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 73,33% artinya ketuntasan klasikal belajar belum mencapai kriteria ketuntasan maksimum. Kemudian Pada siklus II hasil tes yang kita peroleh dapat dilihat dengan ketuntasan klasikal menjadi 100% artinya telah memenuhi kriteria ketuntasan maksimum karena hasil tes pada siklus II ini lebih meningkat dari Siklus I. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Teams Games Tournaments

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain ...