Memori merupakan kemampuan individu dalam menerima, menyimpan, dan memunculkan kembali ingatan dari apa yang pernah individu alami. Informasi yang diterima siswa tidak bisa hanya diperoleh dengan cepat namun juga harus dapat disimpan di dalam memori siswa. Sehingga, Peningkatan fungsi memori dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas belajar dan kegiatan belajar siswa akan menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode-metode apa saja yang dapat meningkatkan memori, baik itu memori jangka pendek maupun memori jangka panjang. Metode yang digunakan ialah studi literature yang sistematis. Penelitian menemukan hasil bahwa dari 416 artikel yang ditemukan pada tahap awal, terdapat 15 artikel yang relevan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria artikel yang digunakan berada pada rentang 10 tahun terakhir, metode penelitiannya eksperimen untuk meningkatkan memori, dan subjek penelitiannya adalah pelajar. Metode yang efektif dalam meningkatkan memori ialah brain training, strategi mnemonic, brain gym, neurofeedback, senam aerobik, musik, warna, rutin membaca Al-Qur’an, permainan puzzle, testing effect, menggambar, audio podcast dan video practice. Metode-metode ini efektif saat dibuktikan dengan adanya pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Terdapat peningkatan fungsi memori jangka pendek dan jangka panjang setelah eksperimen dilakukan pada siswa.
Copyrights © 2024