Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 4

PKM Pelatihan Metode Show and Tell Berbicara pada Siswa UPT Spf SDN Kumala

Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Saharullah, Saharullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa salah satunya mengubah metode pembelajaran konvesional yang selama ini diterapkan. Guru setidaknya harus memiliki kreativitas dalam memilih metode pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa. Harapannya metode yang tepat akan menumbuhkan keaktifan siswa dan memberi ruang berekpresi guna meningkatkan keterampilan berbicara. Siswa dalam peningkatan keterampilan berbicara melalui metode show and tell meliputi lima komponen yaitu kelancaran, ketepatan pilihan kata (diksi), struktur kalimat, kelogisan dan komunikatif pada siswa UPT SPF SDN Kumala Hasil pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode show and tell berjalan sesuai dengan harapan dengan terjadinya peningkatan pengetahuan siswa, pengabdi bersama dengan guru berdiskusi mengenai tata cara pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode show and tell. Peningkatan pengetahuan siswa dengan metode pembelajaran yang diterapkan, pengabdi menyampaikan manfaat dari metode pembelajaran tersebut dengan menggunakan gambar sebagai media dapat memudahkan siswa dalam berinspirasi sehingga dapat bercerita dengan mudah, alur ceritanya menjadi terarah. Dengan penekanan seperti itu m e m b u a t memotivasi siswa lebih aktif dalam pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...