JOIECE: PIAUD-Ku
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUDKU

Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Membedakan Huruf ‘b’ dan ‘d’ Melalui Bermain Pasir

Sukmawati, Euis (Unknown)
Ismail, Siti Hajar (Unknown)
Nurhalimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf kecil b dan d melalui kegiatan bermain pasir. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di   RA Raudhatul Jannah dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Kemmis and Mc Taggart dengan menggunakan II siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh, kegiatan pembelajaran menggunakan II siklus, sebanyak 2 pertemuan. Pada siklus I jumlah presentasi sebesar 58% dilanjut dengan siklus II sebesar 78 %. Dapat disimpulkan dari Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 36%. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain pasir yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf b dan d pada kelompok A RA Raudhatul Jannah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

piaudku

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Public Health

Description

PIAUD-Ku is a peer-reviewed journal published by faculty of Tarbiyah, Institute of Islamic Studies PERSIS. This journal is issued every May and October. The articles published in PIAUD-Ku can be in English and Indonesian. The scope of the topics include: 1) Child Development, 2)Islamic parenting, 3) ...